PENGERTIAN KOMUNIKASI
· Komunikasi
adalah proses pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan. Prose situ meliputi
informasi yang disampaikan baik secara lisan atau tulisan. (Hybels dan Weafer
II, 1992)
· Komunikasi
adalah pernyataan yang efektif; pertukaran pesan-pesan yang tertulis,
pesan-pesan dalam percakapan bahkan melalui imajinasi(Walhstrom, 1992)
· Komunikasi
adalah suatu proses, aktivitas simbolis, dan pertukaran makna antarmanusia.
B. UNSUR-UNSUR
KOMUNIKASI
Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1. Sumber adalah
dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka
memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen
dan sejenisnya.
2. Komunikator
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: – Penampilan Khusus dalam
komunikasi tatap muka atau yang menggunakan media pandang dengan audio visual,
seorang komunikator harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan komunikan.
Penampilan ini sesuai dengan tata krama dengan memperhatikan keadaan, waktu dan
tempat. – Penguasaan masalah Seseorang yang tampil atau ditampilkan sebagai
komunikator haruslah betul- betul menguasai masalahnya. Apabila tidak, maka
setelah proses komunikasi berlangsung akan menimbulkan ketidakpercayaan
terhadap komunikator dan akhirnya terhadap pesan itu sendiri yang akan
menghambat terhadap efektivitas komunikasi. -Penguasaan bahasa Komunikator
harus menguasai bahasa dengan baik. Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan dan
dapat dipahami oleh komunikan. Penguasaan bahasa akan sangat membantu
menjelaskan pesan- pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada audience.
3. Pesan adalah
keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai
inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah
sikap dan tingkah laku komunikan. Pesan dapat secara panjang lebar mengupas
berbagai segi, namun inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada
tujuan akhir komunikasi itu.
4. Channel/
Saluran Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan
media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum
dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala
bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media yang
digunakan untuk komunikasi massa, misalnya televise.
5. Komunikasi
dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu 1) personal 2) kelompok, dan 3) massa.
Dari segi sasarannya, komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi
personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.
6. Efek adalah
hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai
atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku
orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil.
Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
Empat tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu: – pengumpulan
fakta – Perencanaan – Komunikasi – Evaluasi
C. KOMUNIKASI
ORGANISASI
Komunikasi antarpribadi atau kelompok yang bersifat impersonal
atau komunikasi yang berstruktur yang dilakukan oleh pribadi atau kelompok/unit
kerja dalam suatu organisasi.
D. KLASIFIKASI
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Di bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam
organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :
1.) Dari segi
sifatnya :
· Komunikasi
Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara cth: presentasi
· Komunikasi
Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email
· Komunikasi
Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: curhat
· Komunikasi
Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth: seseorang yang
nervous (gemetar)
2.) Dari segi
arahnya :
· Komunikasi
Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan
· Komunikasi
Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
· Komunikasi
Horizontal komunikasi ke sesama manusia / setingkat
· Komunikasi
Satu Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
· Komunikasi
Dua Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
3.) Menurut
Lawannya :
· Komunikasi
Satu Lawan Satu berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya cth:
berbicara melalui telepon
· Komunikasi
Satu Lawan Banyak (kelompok) berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
Cth: kelompok satpam menginterogasi maling
· Kelompok
Lawan Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain Cth: debat
partai politik
4.) Menurut
Keresmiannya :
· Komunikasi
Formal komunikasi yang berlangsung resmi cth: rapat pemegang saham
· Komunikasi
Informal komunikasi yang tidak resmi cth : berbicara dengan teman
E. FUNGSI
KOMUNIKASI
1.) Hidup Pribadi
Melalui komunikasi kita dapat :
a. Mengungkapkan
perasaan dan gagasan
b. Menjelaskan
perasaan, isi pikiran, dan perilaku kita sendiri
c. Semakin
mengenal diri
2.) Hubungan dengan
orang lain
Melalui komunikasi kita dapat :
a. Mengenal orang
lain
b. Menjalin
perkenalan, pertemanan, dan persahabatan dengan orang lain
c. Membahas
masalah, bertukar pikiran, dan membuat rencana kegiatan bersama orang lain.
d. Meminta
bantuan dan pertolongan kepada orang lain.
e. Saling
membantu mengubah sikap dan perilaku hidup bersama orang lain.
3.) Di tempat kerja
Melalui komunikasi kita dapat :
a. Menjalin
hubungan dengan baik dengan rekan kerja ditempat kerja
b. Membangun
kerja sama dan sinergi dengan rekan kerja
c. Memberitahu
tentang kerja dan mengarahkan kerja itu sesuai dengan tujuan
d. Mengatasi
perbedaan pendapat, ketegangan, dan konflik
4.) Dalam
Masyarakat
Melalui komunikasi kita dapat :
a. Mempersatukan
masyarakat
b. Mengatasi masalah
bersama dalam masyarakat
c. Membuat usaha
untuk kemajuan masyarakat
d. Mengusahakan
kesejateraan masyarakat
Sumber :
Komunikasi Interpersonal Dan Intrapersonal Oleh Drs. Agus M.
Hardjana, M.Sc., Ed.
Makna Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya oleh Alo Liliweri
Perilaku Organisasi. Jilid Kesatu oleh Robbin, Stephen
D
No comments:
Post a Comment