Sunday, April 5, 2015

4P (Product, Price, Place, Promotion)


EMPAT PE
(4P)
Sebenarnya tidak perlu ditulis ‘empat pe’ tapi berhubung judulnya hanya ‘4P’ itu terlalu singkat, jadi tidak perlu dipermasalahkan mengenai judulnya ;)

4P itu apa?
4P adalah salah empat bagian dari positioning dimana perusahaan harus memperhatikan beberapa aspek seperti Product(produk), Price(harga),  Place(tempat), dan Promotion(promosi).
              
Lalu apa hubungannya product, price, place, dan promotion itu kedalam dunia marketing?

                Oke jadi begini, dalam dunia usaha penting sekali untuk memuaskan hati konsumen. Untuk mengelompokan apa saja kebutuhan konsumen dan ‘produk’ seperti apa yang diinginkan konsumen maka dari itu dibutuhkan segmentasi. Setelah kita mendapat apa yang dibutuhkan barulah kita memperhatikan Produk apa yang kita jual, berapa harganya, dimana kita melangsungkan usaha, serta bagaimana cara kita menginformasikan kelebihan dari produk yang akan kita tawarkan.
·      Pertama-tama kita bahas tentang Produk. Dalam dunia usaha penting sekali untuk mengetahui apa yang konsumen inginkan dari suatu produk baik produk barang ataupun jasa. Tentunya dengan terus menjaga kualitas dari produk kita. Bahkan dituntut untuk terus meningkatkannya. Survey bisa juga dijadikan langkah awal untuk mengetahui keinginan konsumen dari produk yang sudah ada dipasaran. Setelah kita mendapatkan apa yang konsumen inginkan maka langkah selanjutnya adalah dengan merealisasikannya melalui produk yang akan kita luncurkan dipasaran.
Contoh: Perusahaan kita berencana menjual produk wafer. Sementara perusahaan X juga sudah menjual produk wafer. Maka kita harus melakukan survey terhadap kepuasan konsumen terhadap wafer dari perusahaan X tersebut, termasuk menyelidiki kekurangannya. Kekurangan dari produk perusahaan X itulah yang nantinya kita jadikan keunggulan di dalam produk kita.

·         Yang kedua adalah Price. Dalam survey yang dilakukan diatas tentu kita juga bisa mengetahui tentang informasi mengenai harga apakah sudah sesuai dengan budget konsumen atau masih terlalu mahal dibandingkan dengan harga pasarannya.  Dalam penentuan harga tentunya kita juga harus menghitung biaya produksi. Harga yang dipatok nantinya harus bisa menghasilkan keuntungan, yang tidak merugikan kita maupun merugikan konsumen.
Contoh: Seorang konsumen ingin membeli produk minuman isotonic dan dia membandingkan kualitas dari dua perusahaan yaitu perusahaan A dan perusahaan B. kualitasnya sama sedangkan harga produk perusahaan A sedikit lebih mahal dibandingkan produk perusahaan B. maka dapat dipastikan konsumen memilih produk B dibandingkan produk A karena harganya lebih murah.

·         Yang ketiga adalah Place. Penempatan lokasi juga sangat penting demi kalangsungan usaha kita karena salah salah bisa saja menggagalkan usaha yang telah kita bangun. Penempatan lokasi untuk melangsungkan usaha harus dekat dengan target pasar dan strategis. Pendistribusian barang juga merupakan bagian dari kelangsungan usaha.
Contoh: Perusahaan A menawarkan produk coklat untuk kelas atas, namun penempatan lokasi berjualannya berada dipedesaan, itu merupakan sebuah kesalahan yang fatal.

·         Dan yang keempat sekaligus yang terakhir adalah Promotion. Apa itu promotion? Promotion adalah promosi dalam bahasa Indonesia. apa itu promosi? Promosi adalah upaya untuk menawarkan produk atau barang ke pada konsumen atau  target pasar. Aspek Produk, Price, dan Place tidak akan berjalan semestinya jika tidak ada promosi yang baik. Cara penyampaian informasi ini disarankan agar menarik dan unik sehingga menimbulkan penasaran dan keyakinan dihati konsumen untuk menggunakan produk yang perusahaan kita tawarkan.
Contoh: Sebuah Perusahaan pasta gigi mempromosikan produk terbarunya dimana pasta gigi tersebut memiliki rasa coklat dan tidak berbahaya jika tertelan. Media iklan dan konsep pembuatan iklannya sangat baik karena menggabungkan unsur coklat dan unsur kesehatan didalamnya. maka akan ada rasa penasaran dan tertarik untuk mencoba dalam diri konsumen.

Sumber : http://awalandak-mtf.blogspot.in/2013/09/marketing-produk-price-place-promotion.html

No comments:

Post a Comment