EMPAT PE
(4P)
Sebenarnya tidak perlu ditulis ‘empat pe’ tapi berhubung
judulnya hanya ‘4P’ itu terlalu singkat, jadi tidak perlu dipermasalahkan
mengenai judulnya ;)
4P itu apa?
4P
adalah salah empat bagian dari positioning dimana perusahaan harus memperhatikan
beberapa aspek seperti Product(produk), Price(harga), Place(tempat), dan Promotion(promosi).
Lalu apa hubungannya product, price, place, dan promotion
itu kedalam dunia marketing?
Oke
jadi begini, dalam dunia usaha penting sekali untuk memuaskan hati konsumen.
Untuk mengelompokan apa saja kebutuhan konsumen dan ‘produk’ seperti apa yang
diinginkan konsumen maka dari itu dibutuhkan segmentasi. Setelah kita mendapat
apa yang dibutuhkan barulah kita memperhatikan Produk apa yang kita jual,
berapa harganya, dimana kita melangsungkan usaha, serta bagaimana cara kita
menginformasikan kelebihan dari produk yang akan kita tawarkan.
· Pertama-tama
kita bahas tentang Produk. Dalam dunia usaha penting sekali untuk mengetahui
apa yang konsumen inginkan dari suatu produk baik produk barang ataupun jasa.
Tentunya dengan terus menjaga kualitas dari produk kita. Bahkan dituntut untuk
terus meningkatkannya. Survey bisa juga dijadikan langkah awal untuk mengetahui
keinginan konsumen dari produk yang sudah ada dipasaran. Setelah kita
mendapatkan apa yang konsumen inginkan maka langkah selanjutnya adalah dengan
merealisasikannya melalui produk yang akan kita luncurkan dipasaran.
Contoh: Perusahaan kita berencana menjual produk wafer.
Sementara perusahaan X juga sudah menjual produk wafer. Maka kita harus
melakukan survey terhadap kepuasan konsumen terhadap wafer dari perusahaan X
tersebut, termasuk menyelidiki kekurangannya. Kekurangan dari produk perusahaan
X itulah yang nantinya kita jadikan keunggulan di dalam produk kita.
· Yang kedua
adalah Price. Dalam survey yang dilakukan diatas tentu kita juga bisa
mengetahui tentang informasi mengenai harga apakah sudah sesuai dengan budget
konsumen atau masih terlalu mahal dibandingkan dengan harga pasarannya. Dalam penentuan harga tentunya kita juga
harus menghitung biaya produksi. Harga yang dipatok nantinya harus bisa
menghasilkan keuntungan, yang tidak merugikan kita maupun merugikan konsumen.
Contoh: Seorang konsumen ingin membeli produk minuman
isotonic dan dia membandingkan kualitas dari dua perusahaan yaitu perusahaan A
dan perusahaan B. kualitasnya sama sedangkan harga produk perusahaan A sedikit
lebih mahal dibandingkan produk perusahaan B. maka dapat dipastikan konsumen memilih
produk B dibandingkan produk A karena harganya lebih murah.
· Yang ketiga
adalah Place. Penempatan lokasi juga sangat penting demi kalangsungan usaha
kita karena salah salah bisa saja menggagalkan usaha yang telah kita bangun.
Penempatan lokasi untuk melangsungkan usaha harus dekat dengan target pasar dan
strategis. Pendistribusian barang juga merupakan bagian dari kelangsungan
usaha.
Contoh: Perusahaan A menawarkan produk coklat untuk kelas
atas, namun penempatan lokasi berjualannya berada dipedesaan, itu merupakan
sebuah kesalahan yang fatal.
· Dan yang
keempat sekaligus yang terakhir adalah Promotion. Apa itu promotion? Promotion
adalah promosi dalam bahasa Indonesia. apa itu promosi? Promosi adalah upaya
untuk menawarkan produk atau barang ke pada konsumen atau target pasar. Aspek Produk, Price, dan Place
tidak akan berjalan semestinya jika tidak ada promosi yang baik. Cara
penyampaian informasi ini disarankan agar menarik dan unik sehingga menimbulkan
penasaran dan keyakinan dihati konsumen untuk menggunakan produk yang
perusahaan kita tawarkan.
Contoh: Sebuah Perusahaan pasta gigi mempromosikan produk
terbarunya dimana pasta gigi tersebut memiliki rasa coklat dan tidak berbahaya
jika tertelan. Media iklan dan konsep pembuatan iklannya sangat baik karena
menggabungkan unsur coklat dan unsur kesehatan didalamnya. maka akan ada rasa
penasaran dan tertarik untuk mencoba dalam diri konsumen.
Sumber : http://awalandak-mtf.blogspot.in/2013/09/marketing-produk-price-place-promotion.html
No comments:
Post a Comment